Selasa, 30 November 2010

PROMOTIONAL MIX

PENDAHULUAN

Promotional Mix / Bauran Promosi
Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan prmosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang yang mencakup bauran promosi sebagai berikut :

1. Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dll.
2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.
5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
6. Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.

PEMBAHASAN

Pada tugas pengantar bisnis kali ini saya akan membahas tentang promotional mix pada Bengkel Asesoris motor yang berada di jalan Depok Timur.Bengkel ini di miliki oleh 1 orang yang bernama Dimas dan memiliki 5 orang karyawan. Sapre part dan asesoris yagn di jual di bengkel ini berasal dari perusahaan motor contohnya : Yamaha , Honda, Suzuki, Kawasaki, dan  ada juga pembeli yang memesan spare part tertentu yang tidak ada di perusahaan motor untuk melakukan modifikasi motornya. Karyawan di sana bertugas untuk melakukan pemasangan sparepart yang di beli oleh konsumen dan juga untuk melakukan promosi dengan cara menyebarkan brosur selain itu promosi juga berasal dari omongan para konsumen yang telah membeli di bengkel ini.

PENUTUPAN

Dengan dilakukannya kegiatan promosi bengkel mengharapkan adanya peningkatan angka penjualan dan keuntungan. Promo kepada para pelanggannya dilakukan untuk mendapatkan loyalitas konsumen yang sudah ada serta mendapatkan konsumen baru.

Narasumber : Pemilik bengkel yaitu Dimas dan Pembeli pada bengkel tersebut.